5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

Inilah 5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Gagal Ginjal Kronis Semakin Parah, Selain Dengan Melakukan Cuci Darah!

5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

Penyakit ginjal kronis memang bukanlah penyakit sembarangan yang bisa sembuh dengan sendirinya layaknya batuk pilek. Penyakit ini memerlukan penanganan medis khusus guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Sehingga jika saat ini Anda atau ada di antara keluarga Anda yang mengalami penyakit ini, tidak boleh dilakukan pengobatan secara sembarangan.

Pergilah menemui dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Meskipun penyakit ginjal tidak bisa disembuhkan sepenuhnya dan pengobatan hanya difokuskan untuk meredakan gejala dan mencegah kemungkinan komplikasi semakin parah, tetapi setidaknya Anda sudah berusaha melakukan pengobatan agar kondisi ginjal tidak bertambah buruk.

Pengobatan yang biasanya diberikan setelah Anda melakukan pemeriksaan ke dokter di antaranya berupa

.. obat diuretik ( untuk mengurangi penumpukan cairan), suplemen anemia ( untuk mengatasi anemia pada penderita gagal ginjal kronis ), obat hipertensi , obat kortikosteroid, serta suplemen kalsium dan vitamin D untuk mencegah kondisi tulang melemah.

Sementara jika kondisi penyakit gagal ginjal kronis berada pada stadium 5 atau tahap akhir, penanganan biasanya dilakukan dengan mengganti tugas ginjal dalam tubuh menggunakan terapi pengganti ginjal, yang terdiri dari :

  • Dialisis atau penyaringan limbah serta cairan dalam tubuh menggunakan mesin atau memanfaatkan rongga perut (cuci darah), dan atau
  • Transplantasi ginjal

Tetapi yang jadi permasalahan di sini adalah tidak semua penderita penyakit gagal ginjal kronis ini memiliki ekonomi yang cukup untuk melakukan terapi pengobatan rutin secara medis di Rumah Sakit.

Mengingat biaya dari sekali cuci darah atau cek rutin saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga tak pelak membuat Anda dan penderita penyakit ginjal lainnya mencari alternatif lain di samping pengobatan medis untuk meringankan gejala dan penyakit berbahaya tersebut.

Salah satu alternatif pengobatan penyakit ginjal kronis yang paling banyak dipilih karena keampuhannya adalah dengan pengobatan alami menggunakan obat herbal atau tradisional.

Pengobatan jenis ini diketahui selain lebih ekonomis juga lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti pada pengobatan medis.

Namun tentu saja, hal ini harus dilakukan dengan seizin dokter yang menangani Anda. Karena bagaimana pun dokter lebih tahu akan kondisi penyakit dan tubuh Anda saat ini.

5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

Alam menyediakan segalanya, mulai dari sandang, pangan, papan, hingga pengobatan. Tak bermaksud meninggalkan saran medis, tetapi tak ada salahnya bukan untuk mencoba?

Karena sudah sangat jelas jika tanaman herbal yang ada di sekitar Anda memiliki manfaat dalam meringankan gejala sekaligus mengobati gagal ginjal kronis yang Anda atau keluarga alami.

Dan berikut ini adalah jenis tanaman herbal yang terbukti mampu menyembuhkan gagal ginjal kronis.

  1. Daun mahkota dewa

Mahkota dewa dipercayai memiliki 4 kandungan yang sarat guna meningkatkan kesehatan tubuh dan mengatasi penyakit ginjal kronis, yakni saponin, polifenol, alkaloid, dan flavonoid.

Alkaloid merupakan senyawa yang mampu membantu proses detoksifikasi, di mana racun-racun bakal diminimalisir.

Sedangkan kandungan polifenol merupakan senyawa yang berperan sebagai anti alergi, flavonoid berperan sebagai antioksidan, dan saponin berperan sebagai antibakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak heran, jika mahkota dewa mampu mencegah perkembangan ginjal kronis membuat kondisi penyakit ginjal membaik.5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

2. Daun penahong atau binahong

Penahong atau daun binahong merupakan jenis tumbuhan merambat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terkhusus untuk penderita penyakit ginjal.

Hal ini karena di dalamnya terdapat saponin, polifenol, alkaloid, minyak atsiri, dan asam oleanik yang dipercaya sangat penting dalam membantu proses penyembuhan penyakit ginjal.

3. Kelapa Kuning

Sama halnya seperti kelapa hijau, kelapa kuning dengan nama latin ( C.Eburen ) ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

Sebagaimana dilansir dari banyak situs tanaman buah, pertanian, dan kesehatan, jika kelapa kuning sejak dahulu telah digunakan masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit.

Di antaranya seperti meluruhkan batu ginjal, melancarkan pencernaan, mencegah osteoporosis, baik untuk kesehatan jantung, mencegah hipertensi, meningkatkan daya tahan tubuh, dll.

4. Kaktus ekor tikus5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

5. Bunga paruh burung

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mencoba membuat ramuan dari tanaman obat ginjal kronis di atas, berikut ini adalah cara untuk membuatnya sendiri di rumah.

Cara Mengolah Ramuan Obat Untuk Penyakit Ginjal Kronis

Bahan-bahannya, siapkan kaktus ekortikus, bunga paruh burung, daun mahkota dewa, daun penahong, buah kelapa kuning, dan telur ayam kampung.

Cara membuatnya sebenarnya ada tiga cara,

Pertama, ambil air dari remasan kaktus ekor tikus lalu campurkan dengan kuning telur ayam kampung setengah mentah

Kedua, Panaskan air buah kelapa kuning di atas bara api

Ketiga, campurkan daun penahong serta buah mahkota dewamasing-masing 9 lembar

Dan minumlah ramuan tersebut selama dua hingga tujuh hari.

Khasiat dari kelima bahan alami yang telah admin sebutkan di atas tadi bahkan telah dibuktikan oleh seorang penderita gagal ginjal bernama Vecky (37), warga Desa Tatelu, Kabupaten Minahasa Utara, beberapa tahun silam.

Seperti dikutip dari manado.tribunnews.com/ , Vecky berkisah bahwa kematian agaknya begitu dekat dengannya waktu ia didiagnosa gagal ginjal.

Menurut dokter yang menangani penyakitnya, Vecky kemungkinan besar akan meninggal dunia. Kalau pun hidup, ia harus menjalani cuci darah seumur hidup. Dan sudah hampir sebulan Vecky menjalani rawat inap di Rumah Sakit Lembean serta Kandou.

Namun ia meminta pulang karena lebih tenang meninggal di pembaringan rumah sendiri. Dan setibanya di rumah tubuhnya membengkak, warna mukanya kuning kehijauan, serta tak bisa lagi berbicara dengan jelas.

Namun kebetulan, sahabat baik Vecky yakni Jon meracik obat tradisional dari sejumlah tanaman yang disebutkan tadi, yakni penahong, bunga paruh burung, kaktus ekor tikus, daun mahkota dewa dan kelapa kuning.

Vecky kemudian meminum obat racikan Jon dan selang beberapa hari kemudian ia mendapatkan kesembuhan berkat mengonsumsi ramuan tradisional tersebut, dan tentunya dengan selalu berdoa meminta kesembuhan kepada sang pencipta.

Belajar dari kisah tersebut, tak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan pengobatan alternatif menggunakan tanaman herbal tersebut untuk mendapatkan kesembuhan.

Namun tentunya dengan tidak meninggalkan pengobatan medis.

Demikianlah lima pilihan tanaman herbal untuk pengobatan penyakit ginjal kronis. Semoga dengan adanya informasi ini menambah pengetahuan Anda dan menambah referensi Anda untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit membahayakan tersebut.

Posted by : 5 Pengobatan Tradisional Untuk Mencegah Perkembangan Ginjal Kronis Semakin Parah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s